Pages

Ads 468x60px

Rabu, 04 Maret 2015

Proses Terbentuknya Awan


Proses Terbentuknya Awan
Girls, ketika cuaca cerah, kita sering melihat awan di langit. Bentuknya bermacam-macam. Sepintas, awan terlihat seperti kapas putih yang empuk dan lembut. Bahkan di film-film kartun, ada awan yang digambarkan seperti kasur empuk. Tahukah kamu bagaimana proses terbentuknya awan ?
Setelah turun hujan, air akan diserap tanah, tumbuhan, dan ada pula yang terkumpul di danau, mengalir ke sungai dan laut. Ketika matahari bersinar, sinarnya yang panas mengakibatkan air-air tersebut menguap. Nah, uap air ini naik ke atmosfer. Semakin ke atas, suhu atmosfer makin dingin sehingga uap air mengembun pada debu-debu atmosfer membentuk titik air yang sangat halus berukuran 2-100 mikrometer. Titik-titik air dalam jumlah yang sangat banyak tersebut akan berkumpul membentuk awan.
Itulah proses terbentuknya awan . Lalu mengapa bentuk awan bisa berbeda-beda ? Kadang ada yang bentuknya menggumpal seperti kapas, ada yang tipis memanjang, ada yang seperti UFO, dan ada yang bisa berubah bentuk. Nah, bentuk awan ini bermacam-macam tergantung dari keadaan cuaca dan ketinggian terbentuknya.  Namun, umumnya bentuk awan ada tiga, yaitu berlapis-lapis (stratus), berserat-serat (cirrus), dan bergumpal-gumpal (cumulus).
Oh ya, awan juga selalu berubah-ubah bentuknya. Bila titik-titik air dalam awan bertemu dengan udara panas, titik-titik itu akan menguap  dan akan mengurangi titik air dalam awan sehingga berubah bentuk. Ketika titik-titik air semuanya menguap, bentuk awan akan menghilang.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

 

Music

Free Music Sites
Free Music Online

free music at divine-music.info

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates