Pages

Ads 468x60px

Rabu, 04 Maret 2015

Tips Menghadapi Ulangan


Tips Menghadapi Ulangan

Beberapa hari sebelum ulangan
Jaga kesehatan. Saat ulangan, kondisi kesehatan kita mesti prima. Oleh karena itu, beberapa hari menjelang ulangan, jangan lupa menerapkan pola hidup sehat. Makan teratur dengan menu empat sehat lima sempurna, minum vitamin, olahraga, dan tidur yang cukup.
Belajar secara terjadwal. Buatlah jadwal belajar. Setiap hari sesudah makan malam, wajib belajar minimal 1 jam. Bahan pelajaran yang banyak, bisa kita cicil tiap hari hingga ulangan tiba. Hindari belajar dadakan, apalagi hingga larut malam. Sebab, cara belajar dadakan seperti itu akan menguras tenaga dan pikiran kita, sehingga keesokan harinya saat mengerjakan soal ulangan, badan kita jadi lesu, mengantuk, dan tidak konsentrasi. 
Siapkan alat tulis. Cek alat tulis kita. Siapkan semuanya selengkap mungkin agar jangan ada yang tertinggal. Dengan begitu, saat nanti sedang menjawab soal ulangan, kita tidak perlu pinjam alat tulis kepada teman sehingga tidak membuang waktu dan mengganggu konsentrasi.

Menjelang ulangan
Sarapan dan membawa jam. Sebelum berangkat ke sekolah, pastikan kita sudah sarapan dan tak lupa membawa jam tangan. Sarapan berguna untuk mempercepat kerja otak kita, sementara jam tangan untuk melihat waktu saat mengerjakan soal ulangan.
Datang lebih pagi. Pada saat ulangan, berangkatlah lebih pagi untuk jaga-jaga kalau jalanan macet. Selain itu, dengan datang lebih pagi, kita jadi punya waktu untuk mempersiapkan mental agar tenang. Sebelum bel berbunyi, sebaiknya ke toilet dulu agar selama mengerjakan soal, kita tidak terganggu.

Saat ulangan
Membaca doa. Sebelum mengerjakan soal, berdoalah dulu. Dengan demikian, hati pun tenang, mantap, yakin, dan percaya diri.
Lengkapi data diri. Sebelum mengerjakan soal, tulis dulu nama, kelas, dan nomor absen kita, agar ketika di kumpulkan tidak tertukar dengan lembar jawaban punya teman.
Kerjakan yang mudah dulu. Kerjakan soal-soal yang mudah dulu. Jangan sampai waktu habis hanya untuk mengerjakan beberapa soal sulit, sementara banyak soal yang mudah malah belum dikerjakan.
Jangan terpengaruh keadaan sekitar. Berkonsentrasilah saat mengerjakan soal ulangan dan jangan terpengaruh keadaan sekitar. Misalnya, kalau ada teman yang menanyakan jawaban, abaikan saja. Lalu, kalau ada teman yang lebih dulu mengumpulkan lembar jawaban, jangan panik. Lihat jam tangan kita, kalau masih ada waktu, tetaplah tenang dan selesaikan seluruh soal.
Cek lagi seluruh jawaban. Sebelum dikumpulkan atau diserahkan kepada guru, cek lagi seluruh jawaban kita. Siapa tahu, ada yang terlewat atau salah jawa

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

 

Music

Free Music Sites
Free Music Online

free music at divine-music.info

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates